Menu
Sign in
@ Contact
Search
Produk dan Layanan Telkomsel dengan teknologi 4G dan 5G siap dukung gelaran MotoGP Mandalika. (IST)

Produk dan Layanan Telkomsel dengan teknologi 4G dan 5G siap dukung gelaran MotoGP Mandalika. (IST)

Jaringan 4G dan 5G Telkomsel Dukung Gelaran MotoGP 2022 Mandalika

Jumat, 18 Maret 2022 | 20:00 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Telkomsel, leading digital telco di Tanah Air, mendukung hadirnya pengalaman aktivitas digital yang prima dalam gelaran olahraga balap motor internasional MotoGP 2022 yang berlangsung di Mandalika International Street Circuit, Lombok - Nusa Tenggara Barat, pada Jumat-Minggu (18-20/3/2022).

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, diperkirakan puluhan ribu orang akan memadati area MotoGP 2022 di Mandalika pada tiga hari tersebut, sehingga berpotensi mendorong peningkatan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan.

“Untuk itu, Telkomsel hadir melalui dukungan fasilitas jaringan terdepan 4G/LTE yang merata dan setara, untuk memastikan tim official, jurnalis nasional maupun internasional, dan pengunjung dapat tetap nyaman dan lancar berkomunikasi, dan dapat membagikan momen seru melalui berbagai platform media sosial,” ujar Nugroho, dalam keterangannya, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Telkomsel dan XL Axiata Akan Demo 5G Experience di Sirkuit Mandalika

Selain itu, Telkomsel turut menggelar jaringan Hyper 5G yang dilengkapi showcase “Telkomsel 5G Experience” di kawasan Mandalika International Street Circuit untuk memberikan pengalaman aktivitas digital yang baru bagi para pengunjung dengan menampilkan berbagai use case pemanfaatan teknologi berbasis jaringan 5G.

“Kami berharap, upaya Telkomsel menghadirkan konektivitas digital yang lebih merata serta produk dan layanan unggulan yang customer-centric dapat semakin mendorong kebangkitan pariwisata di Nusa Tenggara Barat,” imbuhnya.

Dalam mendukung hadirnya konektivitas digital yang andal dan merata selama pergelaran MotoGP 2022 di Mandalika, Telkomsel telah menambah 132 BTS 4G/LTE untuk melengkapi total 382 BTS 4G/LTE yang beroperasi melayani kebutuhan akses komunikasi, khususnya broadband bagi masyarakat dan pengunjung di kawasan Mandalika.

Khusus di kawasan Mandalika International Street Circuit, Telkomsel juga mengoperasikan tambahan 11 Compact Mobile BTS (Combat) 4G/LTE.  Selain itu, perseroan menambah dan memperkuat kapasitas seluruh BTS 4G/LTE yang difokuskan di sejumlah area dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi.

Hyper 5G

Terkait gelaran jaringan dan layanan Hyper 5G, Telkomsel telah menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Telkomsel menggunakan frekuensi 2.100 MHz dan 2.300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, serta tambahan frekuensi 3.500 MHz dan millimeter wave 26 GHz (26.000 MHz) yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selama gelaran MotoGP Mandalika.

Pada pengujian di kawasan Mandalika, kombinasi frekuensi 2.100 MHz, 2.300 MHz, dan 2.500 MHz dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps. Sedangkan pada pengujian menggunakan frekuensi millimeter wave 26 GHz, kecepatan Hyper 5G Telkomsel yang mencapai lebih dari 5 Gbps.

5G Experince

Telkomsel juga menghadirkan showcase “Telkomsel 5G Experience” yang hadir di area Commercial Mandalika International Street Circuit, dan menampilkan enam use case teknologi terbaru yang didukung jaringan Hyper 5G Telkomsel.

Use case 5G pertama adalah Humanoid Robot, di mana pengunjung dapat melihat langsung sebuah robot yang memiliki kemampuan menyerupai manusia dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai industri, seperti hiburan, media, hingga ritel.

Baca juga: Angkasa Pura I Group Bersinergi Sukseskan Penyelenggaraan MotoGP di Mandalika

Kemudian, use case 5G Cloud Gaming yang menghadirkan keseruan bermain game online balap MotoGP secara streaming dan didukung karakteristik throughput yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah.

Berikutnya, melalui use case 5G Drone, pengunjung dapat melihat sebuah video demonstrasi penggunaan 5G drone untuk kebutuhan remote surveillance pada industri.

Selanjutnya, use case Virtual Reality dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mencoba untuk bermain game online, menggelar rapat, simulasi training dan kolaborasi jarak jauh, hingga menikmati destinasi wisata dan keindahan alam di Labuan Bajo secara virtual.

Use case kelima adalah AR Industrial Work Instruction yang dapat mendukung penerapan AR di sektor industri, seperti aktivitas inspeksi maupun instruksi jarak jauh untuk keperluan digitalisasi pelatihan hingga perawatan dan perbaikan mesin di industri otomotif secara virtual dan real-time.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com