Menu
Sign in
@ Contact
Search
BTS XL Axiata (foto: Dok.PR)

BTS XL Axiata (foto: Dok.PR)

Sambut Ramadan, XL Axiata Naikkan Dua Kali Lipat Kapasitas Jaringan

Senin, 28 Maret 2022 | 20:19 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - PT XL Axiata Tbk telah memperkuat dan meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasinya dua kali lipat guna menyambut momen Ramadan dan Lebaran 2022. Perseroan memperkirakan lonjakan trafik telekomunikasinya mencapai 10-15% pada dua momen tersebut dibandingkan hari biasa.

Lonjakan penggunaan trafik layanan XL Axiata bisa mencapai 10% saat Ramadan dan 15% saat libur panjang Lebaran dibandingkan hari biasa. Hal ini juga didukung oleh mobilitas masyarakat yang naik drastis untuk mudik karena adanya kebijakan pelonggaran pemerintah seiring turunnya kasus pandemi Covid-19 di Tanah Air. 

Baca juga: 2022, XL Axiata Fokus Tingkatkan Keandalan Jaringan Internet

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, dengan adanya pelonggaran di mana pemerintah akan mengizinkan mudik Lebaran, mobilitas masyarakat kemungkinan besar meningkat sangat signifikan dibandingkan tahun lalu ketika masih dibatasi secara ketat.

“Penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di permukiman maupun area tujuan mudik. Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga dua kali lipat dibandingkan hari normal," ujar Darmayusa, Senin (28/03/2022).

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas  masyarakat, atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Sejumlah daerah  yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, pun akan menjadi perhatian khusus. 

Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian. Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, dan tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi, baik darat, udara, juga laut.

Penguatan pun dilakukan pada jaringan di sepanjang jalan raya antarprovinsi, baik tol maupun nontol, baik di Pulau Jawa maupun di luar Jawa. Selain itu, XL Axiata memperhitungkan kemungkinan peningkatan trafik yang terpacu oleh perkembangan teknologi smartphone dan gadget terbaru.

Baca juga: Ini Fokus Pembangunan Jaringan XL Axiata pada 2022

Hingga akhir 2021, jaringan XL Axiata tersebar di 34 provinsi yang mencakup total 458 kota/kabupaten. Sebagian jaringan telah menembus dan melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang terpencil dan berada di perbatasan negara.

Total ada sebanyak 162 ribu base transceiver station (BTS), di antaranya 77 ribu BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 113 ribu kilometer, menopang kekuatan jaringan XL Axiata, untuk melayani 57,9 juta pelanggan. 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com