Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kemenkominfo dan GNLD Siberkreasi adakan webinar untuk dorong para guru jadi kreator konten di media sosial. (IST)

Kemenkominfo dan GNLD Siberkreasi adakan webinar untuk dorong para guru jadi kreator konten di media sosial. (IST)

Kemenkominfo-Siberkreasi Dorong Para Guru Jadi Kreator Konten di Media Sosial

Minggu, 28 Aug 2022 | 16:38 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi mengadakan webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema “Menjadi Konten Kreator Pendidikan di Media Sosial” bagi para guru di Solo, Jawa Tengah.

Seminar melalui zoom, baru-baru ini, itu dimoderatori oleh Wahyu Rintoko Aji. Acara  bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya para guru agar menjadi kreator konten pendidikan melalui Instagram, TikTok, Youtube, dan platform lain dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dirjen Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan memberi pernyataan terkait pesatnya perkembangan digital di Indonesia saat ini. “Perkembangan digital saat ini perlu kapasitas literasi yang mumpuni agar teknologi dapat dimanfaatkan dengan produktif, bijak, dan tepat guna,” ujar Semmy, panggilan Semuel Abrijani Pangerapan.

Baca juga: Kemenkominfo-Siberkreasi Gelar Webinar Makin Cakap Digital

Advertisement

Sementara itu, Bendahara relawan TIK Kota Tegal M Muzaqi menyampaikan materi pertama dengan menjelaskan maksud dari lanskap digital sebagai pembuka. Dia juga menjelaskan arti kreator konten dan bagaimana cara membuat konten digital.

“Pembuatan konten dapat diawali dengan human mind, yaitu memikirkan apa yang menjadi kebutuhan dari target audiens. Selanjutnya, create content dan copywriting untuk membuat konten yang tepat dan sesuai hasil riset. Lalu, lakukan distribution dengan memilih media apa yang cocok dalam menyebarkan konten,” jelas Muzaqi.

Prinsip konten pendidikan yang disampaikan oleh Muzaqi adalah visible, interesting, simple, useful, accurate, legitimate, dan structured. Kesimpulan materi pertama tersebut  bahwa guru berpotensi menjadi kreator konten pendidikan dalam menunjang proses belajar-mengajar.

Lalu, materi kedua diisi oleh Nia Nurdiansyah, fasilitator Womenwill/Gapura Digital Indonesia. Ia menjelaskan peran kreator konten dalam membuat konten, mulai dari foto, video, podcast, tulisan, hingga digital art.

Nia juga memaparkan jenis-jenis konten dan pentingnya menyesuaikan isi konten dengan kanal yang akan digunakan dalam proses distribusi. “Konten yang baik adalah yang relate atau berhubungan dengan kebutuhan audiens, dapat memberi nilai, dan sesuai target dan kanal, atau platform yang dipakai,” ujarnya.

Dia turut memberi penjelasan cara menjadi kreator konten yang bisa dimulai dengan mengikuti tren, memahami audiens, mengasah skill dan mempelajari konten yang sudah ada sebelumnya, serta keinginan untuk konsisten.

“Terdapat satu hal penting, yaitu evaluasi efektivitas konten untuk menentukan langkah-langkah dalam proses pembuatan konten selanjutnya,” tambah Nia.

Baca juga: GNLD Siberkreasi Ingatkan Masyarakat Ancaman Penipuan Digital

Pengguna Internet

Sementara itu, berdasarkan survei We are Social Hootsuite, per Februari 2022, terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7% dari populasi penduduk di Tanah Air.

Angka tersebut meningkat 2,1 juta, atau naik 1% dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi, masih ada potensi yang masih cukup besar agar seluruh penduduk Indonesia dapat menggunakan internet sepenuhnya.

Selanjutnya, menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada 2021, indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada di angka 3,49 dari skala 1-5. Dari hasil skor ini, terlihat bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang.

Karena itu, Kemenkominfo dan Siberkreasi berupaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih memanfaatkan teknologi digital yang berdasarkan pada kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com