Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate membuka Sidang 4th Digital Economy Working Group (DEWG) G20 di The Mulia, Nusa Dua, Bali, Senin (29/8/2022). Foto: Kominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate membuka Sidang 4th Digital Economy Working Group (DEWG) G20 di The Mulia, Nusa Dua, Bali, Senin (29/8/2022). Foto: Kominfo

Pertemuan Keempat DEWG G20 Rumuskan Bali Package

Senin, 29 Aug 2022 | 22:39 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

NUSA DUA, investor.id – Pertemuan keempat kelompok kerja ekonomi digital (digital economy working group/DEWG) G20 di Nusa Dua, Bali pada 29-30 Agustus 2022 membahas rancangan deklarasi Bali Package yang akan dibawa ke pertemuan menteri ekonomi digital (Digital Economy Ministers Meeting/DEMM) di Bali pada 1-2 September 2022.

Bali Package merupakan rumusan hasil kesepakatan delegasi 20 negara dalam rangkaian sidang pertemuan DEWG G20 pertama hingga keempat selama masa presidensi G20 Indonesia di tahun ini. DEWG G20 pertama berlangsung di Lombok pada 29-30 Maret 2022, disusul DEWG G20 kedua di Yogyakarta pada 17-18 Mei 2022, DEWG G20 ketiga di Labuan Bajo pada 20-22 Juli 2022, dan DEWG G20 keempat di Bali pada 29-30 Agustus 2022.

Menkominfo Johnny G Plate Membuka Pertemuan Keempat DEWG G20 di Bali

"Saya yakin dengan langkah yang telah kita capai sejauh ini. Dan melalui diskusi yang produktif dalam dua hari ke depan, kita bersama akan mampu menyusun deklarasi yang akan memfasilitasi kemajuan agenda digital kita," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate saat membuka Sidang 4th DEWG G20 di The Mulia, Nusa Dua, Bali, pada Senin (29/8/2022).

Advertisement

DEWG merupakan pertemuan kelompok kerja ekonomi digital yang pertama kali dilaksanakan pada Presidensi G20 Indonesia tahun ini, setelah elevasi dari Digital Economy Task Force (DETF) pada Presidensi G20 Italia, Agustus tahun 2021. Dalam DEWG G20 kali ini, dibahas tiga agenda atau isu prioritas, yakni Post Covid-19 Recovery and Connectivity, Digital Skills and Digital Literacy, serta Cross-Border Data Flow and Data Free-Flow with Trust.

Ketiga isu tersebut diharapkan dapat mendorong ruang digital yang lebih bermanfaat dan data bernilai tinggi secara ekonomis. Selain itu juga memerhatikan aspek kedaulatan data dalam kaitan dengan geopolitik dan geostrategis.

Telkomsel Hadirkan Showcase 5G di Ajang DEWG dan DEMM 2022

"Saya bersyukur bahwa kita telah membahas ketiga isu prioritas kelompok kerja ekonomi digital, yang masing-masing telah termanifestasi dalam hasil yang nyata dan bermakna. Sepanjang pertemuan antar sesi yang berlangsung hampir satu tahun, saya bersyukur bahwa kita sekarang sudah sampai ujung perjalanan. Dan sebagai penutupnya adalah pembahasan dokumen Bali Package," ungkap Johnny.

Pertemuan 4th DEWG G20 di Nusa Dua, Bali, dihadiri delegasi dari 19 negara secara offline, yakni Australia, Brasil, Kanada, Tiongkok, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Tukiye, Britania Raya, dan Amerika Serikat. Sedangkan Argentina hadir secara virtual.

Hadir pula beberapa negara undangan, yakni Spanyol, Belanda, Singapura, Rwanda, Kamboja, dan Persatuan Arab Emirat (UAE). Perwakilan Organisasi Internasional antara lain International Telecommunication Union (ITU), United Nations Economic and Social Commissions for Asia and the Pacific (UN- ESCAP), United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), and Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), dan Islamic Development Bank (ISDB).

DEWG G20 Bali Hadirkan Perkembangan Inovasi Digital Terbaru Indonesia 

Dengan National Knowledge Partner yang turut hadir adalah Universitas Padjadjaran; Universitas Indonesia; dan Universitas Gadjah Mada. Perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Luar Negeri dan Badan Siber dan Sandi Negara.

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com