Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pabrik Etana Biotech. Foto: IST

Pabrik Etana Biotech. Foto: IST

Etana Gandeng UI Kembanganan Obat dan Riset Berbasis Bioteknologi

Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:21 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) gandeng Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama strategis pengembangan obat dan riset berbasis bioteknologi yang diharapkan akan memberi kontribusi dalam kemajuan ekosistem industri kesehatan di Indonesia.

Melalui kerja sama ini Etana dan UI berkomitmen akan melakukan penelitian, pengembangan sumber daya manusia, dan pengembangan obat berbasis bioteknologi, yang dapat diproduksi dan dipasarkan dalam skala industri. Hal itu dilakukan guna mendukung program pemerintah di bidang kesehatan, dan menciptakan ketahanan Kesehatan Nasional.

Nathan Tirtana, Direktur Utama PT Etana Biotechnologies Indonesia mengatakan Etana sebagai salah satu perusahaan kesehatan akan terus melakukan penelitian dan pengembangan produk khususnya obat-obatan yang berbasis bioteknologi. Untuk itu, pihaknya melihat Kerjasama dengan Universitas Indonesia ini merupakan sinergi yang baik antara industri dengan akademia dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang bioteknologi untuk mengembangkan dan memproduksi produk biologi.

“Harapan kami Kerjasama ini dapat menghasilkan obat berbasis bioteknologi yang dapat bermanfaat bagi industri kesehatan dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia,” ungkap Nathan dalam keterangan pers diterima Rabu (4/8).

Prof Ari Kuncoro SE MA PhD, Rektor Universitas Indonesia menambahkan kerja sama tersebut merupakan langkah awal dalam membentuk kemitraan strategis dalam mengembangkan sumber daya manusia di Universitas Indonesia untuk menjadi lebih kompeten di bidang kesehatan, khususnya bioteknologi. Pihaknya berharap hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dunia kesehatan di Indonesia.

“Selama ini, berbagai riset telah dilakukan di UI, terutama di masa pandemi Covid-19, guna membantu pemerintah dalam menghadapi berbagai masalah dan dampak akibat penyakit tersebut,” tambah Prof Ari.

Terlebih, lanjut dia, Bioteknologi sudah berkembang sedemikian pesat, terutama di negara-negara maju. Teknologi ini memungkinkan manusia memperoleh penyembuhan penyakit-penyakit genetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan, seperti kanker.

“Kami berharap, lewat kerja sama di bidang bioteknologi modern bersama Etana, akan menghasilkan produk yang bermanfaat bagi orang banyak,” tutup Prof Ari.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN