Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank MNC. (Ist)

Bank MNC. (Ist)

Tetapkan Harga Private Placement, Bank MNC Raup Dana Rp 324,9 Miliar

Selasa, 25 Januari 2022 | 00:15 WIB
Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) akan melangsungkan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (non-HMETD) atau private placement. Bank MNC akan menerbitkan sebanyak 1,96 miliar saham, dengan harga pelaksanaan Rp 165 per saham.

Dengan harga tersebut, BABP bakal meraih dana sebesar Rp 324,9 miliar. “Pelaksanaan non-HMETD pada 31 Januari 2022. Pemberitahuan hasil non-HMETD pada 3 Februari 2022,” ungkap manajemen Bank MNC Internasional dalam keterangan resmi, Senin (24/1).

Adapun rencana aksi korporasi BABP ini telah disetujui dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 9 Juni 2021.

Baca juga: Begini Cara MNC Bank Gaet Pengguna Baru Aplikasi MotionBanking

Bank MNC telah berkomitmen untuk memenuhi modal inti minimum sebesar Rp 3 triliun pada tahun ini sesuai POJK 12/2020. Tahun lalu, perseroan telah memenuhi ketentuan modal Rp 2 triliun. Pemenuhan modal inti tersebut dilakukan melalui rights issue, eksekusi waran 4 dan 5, serta setoran modal dari pemegang saham pengendali.

Sebelumnya, Executive Chairman Bank MNC Hary Tanoesoedibjo menjelaskan, non-HMETD dicadangkan sebagai tambahan kebutuhan modal, apabila strategi dalam menghimpun dana dan jumlah akun pemberian kredit secara digital berhasil. Perseroan berharap bisa masuk BUKU III atau bank dengan modal inti di atas Rp 5 triliun dengan melaksanakan private placement dan sebelumnya rights issue.

Baca juga: MNC Bank Patok Harga RI Rp 318 per Saham, Raup Dana Rp 4,5 Triliun

Dengan modal inti tersebut, perseroan berharap bisa mendukung pengembangan bank digital melalui Motion Banking dan bisa bersaing dengan bank digital lain. Hary optimistis bisa bersaing dengan bank digital lain karena Bank MNC memiliki ekosistem yang mendukung. “Motion Banking memiliki ekosistem MNC Media yang jumlah pelanggan TV-nya dalam satu bulan bisa meningkat 300 ribu," ungkap dia.

Sementara itu, apabila bank digital tidak memiliki ekosistem, menurut Hary, akan sulit bersaing dengan bank digital lain. Sebab tanpa basis nasabah yang kuat, maka akan sulit untuk pembukaan akun baru. Untuk menarik nasabah baru membutuhkan promosi yang biayanya tidak murah. “Di Bank MNC, user bank sudah siap, sarana promosi luar biasa, sehingga dari sisi awareness bisa bersaing dengan bank digital lain," ujarnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN