Menu
Sign in
@ Contact
Search
Bijih feronikel Antam (ANTM) siap ekspor di Pelabuhan Pomalaa, Kolaka, Sultra. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/pd/18)

Bijih feronikel Antam (ANTM) siap ekspor di Pelabuhan Pomalaa, Kolaka, Sultra. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/pd/18)

Giliran Antam (ANTM) yang Labanya Melonjak

Minggu, 4 Sep 2022 | 20:35 WIB
Zsazya Senorita (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam meraih laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1,53 triliun pada semester I-2022, melonjak 32% dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 1,16 triliun. Kenaikan laba bersih tersebut sejalan dengan pertumbuhan pendapatan Antam sebesar 9% menjadi Rp 18,77 triliun dari Rp 17,28 triliun.

"Perusahaan berhasil menjaga stabilitas pertumbuhan kinerja keuangan sepanjang enam bulan pertama 2022," jelas manajemen Antam dalam keterangan tertulis, yang dikutip pada Minggu (4/9/2022).

Manajemen Antam menyebutkan, di tengah tantangan kondisi perekonomian dan geopolitik global serta dinamika kondisi kebijakan penanganan pandemi Covid-19 di kawasan Asia Timur sepanjang kuartal II-2022 turut menyebabkan fluktuasi yang signifikan terhadap harga komoditas logam dasar nikel, serta biaya energi bahan bakar minyak dan batu bara.

Baca juga: Bos Antam (ANTM) Beberkan soal Hilirisasi Nikel hingga Mitra Strategis

Advertisement

Kondisi itu turut mempengaruhi tingkat penyerapan produk nikel di pasar domestik dan internasional. Sebab itu, emiten berkode saham ANTM ini berfokus untuk mengimplementasikan kebijakan strategis dalam pengelolaan biaya yang tepat dan efisien.

"Perusahaan tetap menjaga kestabilan tingkat produksi dan upaya perluasan basis pasar penjualan produk logam dasar maupun logam mulia, sejalan dengan kondisi pemulihan perekonomian global serta outlook positif komoditas logam dasar dan logam pada tahun 2022," ujar manajemen Antam.

Sepanjang semester I-2022, ANTM mencatatkan nilai penjualan sebesar Rp 18,77 triliun, tumbuh 9% dibandingkan semester I-2021 yang sebesar Rp 17,28 triliun. Tercatat, kontribusi dari domestik mencapai Rp 14,54 triliun atau setara 77% dari total penjualan bersih ANTM pada semester I-2022.

Baca juga: Siapkan Private Placement Rp 24 Triliun, Begini Rekomendasi dan Target Saham BUMI

Hal tersebut sejalan dengan strategi perusahaan untuk mengembangkan basis pelanggan di dalam negeri, terutama pemasaran produk-produk emas, bijih nikel, dan bauksit.

Produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan dengan porsi 65% terhadap total penjualan ANTM atau senilai Rp 12,28 triliun. Disusul, produk feronikel yang merupakan kontributor terbesar kedua dengan penjualan Rp 3,12 triliun atau 17% dari total pendapatan, kemudian penjualan bauksit dan alumina sebesar Rp 889,25 miliar, dan lain-lain Rp 4,28 miliar.

Di tengah tantangan dari kenaikan biaya energi, bahan baku, jasa pengangkutan serta jasa pengapalan komoditas pertambangan, laba kotor ANTM pada semester I-2022 mencapai Rp 4,03 triliun, tumbuh 27% dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 3,17 triliun.

Baca juga: Harga Jual Nikel Tetap Tinggi, Berikut Rekomendasi Saham Vale (INCO)

Perseroan mampu membukukan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) sebesar Rp 3,74 triliun pada semester I-2022, tumbuh 50% dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 2,49 triliun. Laba usaha mencapai Rp 1,46 triliun.

Sementara itu, mengenai strategi keberlanjutan perusahaan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, ANTM dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada Juni lalu terkait dengan potensi kerja sama suplai listrik untuk pabrik feronikel ANTM di Pomalaa, Sulawesi Tenggara, yang menggunakan sumber pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT).

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com