Menu
Sign in
@ Contact
Search
 PT Indika Energy Tbk (INDY) melalui anak usahanya, yakni PT Mitra Motor Group (MMG), membentuk perusahaan patungan dengan Foxtec Singapore Pte Ltd, afiliasi Foxconn. (Ist)

PT Indika Energy Tbk (INDY) melalui anak usahanya, yakni PT Mitra Motor Group (MMG), membentuk perusahaan patungan dengan Foxtec Singapore Pte Ltd, afiliasi Foxconn. (Ist)

Kata Bos Indika (INDY) dan Foxconn soal Kongsi Bisnis Mobil Listrik

Senin, 26 Sep 2022 | 08:37 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Indika Energy Tbk (INDY) melalui anak usahanya, yakni PT Mitra Motor Group (MMG), membentuk perusahaan patungan dengan Foxtec Singapore Pte Ltd, afiliasi Foxconn pada 22 September 2022. Nama entitas baru itu adalah PT Foxconn Indika Motor (FIM).

FIM akan melakukan bisnis manufaktur untuk kendaraan listrik komersial dan baterai listrik, serta menyediakan jasa konsultasi manajemen. Indika lewat MMG menggenggam sebanyak 60% saham FIM dan Foxconn 40%. Foxconn sendiri merupakan perusahaan manufaktur elektronik terbesar di dunia yang berpusat di Taiwan.

Baca juga: Tok! Indika (INDY) dan Foxconn Resmi Berkongsi, Bentuk Perusahaan Patungan Mobil Listrik

Direktur Indika Energy Purbaja Pantja mengatakan, melihat potensi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia yang hebat, Indika Energy dengan senang hati bermitra dengan Foxconn sebagai perusahaan global yang mengembangkan kendaraan listrik.

Advertisement

“Kolaborasi ini akan memberikan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia dan bertujuan untuk mendukung negeri ini menjadi salah satu pengembang kendaraan listrik dan ekosistem baterai terkemuka,” jelas Purbaja dalam keterangan resmi dikutip Senin (26/9/2022).

Baca juga: Dirut Japfa Comfeed (JPFA) Handojo Santosa Meninggal Dunia

Kepala Strategi Baterai Foxconn Troy Wu menjelaskan, Indonesia adalah ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan pemimpin G20 tahun ini dan ASEAN tahun depan. Juga, berkomitmen untuk target emisi nol bersih yang ambisius.

“Usaha patungan ini menggarisbawahi komitmen Foxconn untuk mendukung mitra kami di Indonesia dalam saling tujuan untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Baca juga: Antam (ANTM) Bidik Perusahaan Patungan CBL dan LG Diteken Kuartal IV-2022

Pendirian FIM merupakan kelanjutan dari penandatanganan memorandum of understanding (MoU) pada Januari 2022 oleh Indika Energy, Foxconn, dan mitra lainnya. Kerja sama ini dilakukan melalui skema build-operate-localize (BOL) di Indonesia. Skema BOL dilakukan dalam tiga tahap, yaitu membangun, mengoperasikan, dan melokalisasi, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas industri Indonesia di industri kendaraan listrik dan industri pendukungnya termasuk baterai listrik.

Indika Energy, Foxconn, dan mitra yang lain akan menjajaki kerja sama investasi ekstensif untuk ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan Indika Adi Pramono menyebutkan, penyertaan saham MMG dalam FIM merupakan langkah perseroan secara grup untuk melakukan ekspansi usaha ke sektor kendaraan listrik, khususnya kendaraan listrik roda empat di Indonesia.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com