Menu
Sign in
@ Contact
Search
Lokasi eksplorasi nikel Stargate Pacific Resources. (Ilustrasi/ASPIRE)

Lokasi eksplorasi nikel Stargate Pacific Resources. (Ilustrasi/ASPIRE)

United Tractors (UNTR) Akuisisi 2 Perusahaan Nikel Rp 4,27 Triliun

Selasa, 6 Des 2022 | 16:56 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT United Tractors Tbk (UNTR) melalui anak usahanya PT Danusa Tambang Nusantara (DTN) mengakuisisi 2 perusahaan sektor nikel, yakni PT Stargate Pasific Resources (SPR) dan PT Stargate Mineral Asia (SMA) senilai Rp 4,27 triliun.

SPR adalah perusahaan yang bergerak di pertambangan mineral nikel, sedangkan SMA bergerak di bidang pengolahan (smelter) mineral nikel.

Sekretaris Perusahaan UNTR Sara K Loebis menjelaskan, pada 3 Desember 2022, DTN telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (conditional shares sale and purchase agreement/CSPA) dengan PT Anugerah Surya Pacific Resources (ASPR) dan PT Anugerah Surya Investama (ASI) untuk rencana pembelian saham setara dengan 89,99871% dari seluruh total saham disetor penuh dalam SPR milik ASPR. Juga untuk rencana pembelian saham setara dengan 0,0009% dari seluruh total saham disetor penuh dalam SPR milik ASI.

Baca juga: BUMI Tuntaskan Private Placement, Kepemilikan Grup Salim Terdilusi

Advertisement

Selain itu, CSPA dengan ASPR dan SPR untuk rencana pembelian saham setara dengan 89% dari total seluruh saham disetor dalam SMA milik dari ASPR, dan 1% dari total seluruh saham yang disetor dalam SMA milik SPR.

“Nilai keseluruhan atas transaksi adalah sebesar US$ 271,83 juta atau setara dengan Rp 4,27 triliun. Nilai keseluruhan atas transaksi tersebut dapat berubah pada saat penutupan transaksi, dikarenakan adanya penyesuaian dengan jumlah penyesuaian net debt dan debt-like items, jumlah penyesuaian modal kerja, dan penyesuaian kurs,” ungkap Sara dalam keterbukaan informasi, Selasa (6/12/2022).

Dia mengungkapkan bahwa tujuan transaksi adalah untuk melakukan diversifikasi kegiatan usaha United Tractors melalui perusahaan terkendalinya, yakni DTN, dengan mengembangkan usaha di sektor pertambangan, jasa, dan pengolahan mineral nikel.

Baca juga: Wintermar (WINS) Lunasi Pinjaman dari IFC US$ 45 Juta

“Setelah penandatanganan seluruh CSPA ini, baik DTN maupun ASPR, ASI, dan SPR akan melakukan pemenuhan persyaratan pendahuluan dengan tanggal akhir penyelesaian akan jatuh pada suatu tanggal yang merupakan 4 bulan setelah tanda tangan CSPA atau pada waktu lain yang disepakati oleh DTN serta ASPR, ASI, dan SPR,” lanjut Sara.

Dia menekankan, pada saat tercapainya kondisi penyelesaian (closing) dalam CSPA, maka saham-saham milik ASPR dan ASI pada SPR dan saham-saham milik ASPR dan SPR pada SMA akan beralih kepada DTN.

Adapun dikutip dari profil linkedin Stargate Pasific Resources, disebutkan bahwa Stargate Pasific Resources merupakan salah satu perusahaan pertambangan nikel yang berlokasi di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com