Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gedung kantor PT Astra Graphia Tbk (ASGR) atau Astragraphia

Gedung kantor PT Astra Graphia Tbk (ASGR) atau Astragraphia

Simak Strategi Astragraphia (ASGR) Jaga Kinerja Positif di 2023

Senin, 16 Jan 2023 | 13:53 WIB
Muhammad Ghafur Fadillah (muhamad.ghafurfadillah@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Ditengah risiko resesi global, PT Astra Graphia Tbk (ASGR) fokus memperkuat fundamental bisnis dengan menerapkan beberapa strategi. Akhir tahun 2023, perseroan optimistis mampu membukukan pendapatan lebih baik dari 2022.

Chief of Business Strategy & Development and Corporate Communications Astra Graphia (ASGR) Satryo Dewandono mengatakan, tahun ini perseroan akan fokus meningkatkan kinerja dengan memperkuat fundamental, akselerasi digitalisasi, mendorong inisiatif baru, memperkuat layanan yang diharapkan mampu memperkuat daya saing perseroan di area printing dan digital. “Selain itu, perseroan juga akan memperkuat kompetensi sumber daya manusia agar tetap relevan di masa mendatang,” jelasnya kepada Investor Daily, Senin (16/1/23).

Pria yang akrab disapa Donny ini menjelaskan, Astragraphia berkomitmen menjadi perusahaan yang lebih sustainable dan resilient dengan bertransisi mewujudkan aspirasi keberlanjutan melalui Triple-P Roadmap Strategy yang terdiri dari Portfolio, People, dan Public Contribution. Aspirasi keberlanjutan Astragraphia akan menjadi panduan bagi perseroan dalam melangkah lebih jauh untuk mewujudkan keberlanjutan yang berfokus pada masyarakat, iklim, dan planet.

Baca juga: Avian Brands (AVIA) Belanjakan Dana dari Publik Rp 3,09 Triliun, Berikut Rinciannya!

Advertisement

“Dalam Public Contribution Roadmap, Astragraphia berfokus menjalankan kegiatan kontribusi sosial yang berkelanjutan pada pilar kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, proses pengembangan bisnis baru dilaksanakan dengan bekerja sama dengan masing-masing entitas usaha dalam rangka mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Tidak hanya menggali potensi bisnis, tetapi juga mengevaluasi bisnis yang sudah berjalan dan melakukan penyesuaian strategi sesuai kondisi yang terjadi.

Sayangnya, perihal capex, Donny masih belum bisa mengungkapkan karena masih menjadi pembahasan internal. “Saat ini kami belum dapat menyampaikan alokasi capex untuk tahun 2023,” kata dia.

Baca juga: Saham-Saham Paling Cuan di Awal Pekan, PBRX Memimpin

Namun yang pasti, tahun ini Astragraphia optimis dapat membukukan kinerja keuangan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Donny menegaskan optimistisnya dan mengupayakan yang terbaik dengan terus berupaya menjalankan operational excellence di dalam setiap proses di seluruh lini bisnis dan mencari peluang-peluang baru. Melalui unit usaha Solusi Dokumen, Solusi Teknologi Informasi, dan Solusi Perkantoran yang dimiliki, Astragraphia selalu berusaha untuk mencapai pertumbuhan yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Adapun untuk proyeksi pendapatan atau laba pada 2022, perseroan memproyeksikan pertumbuhan dapat terus terjaga seiring dengan kemampuan perusahaan dalam mengelola arus kas operasional untuk mengoptimalkan kinerja bisnis, siklus operasi yang lebih baik, serta menjaga kondisi keuangan perusahaan yang sehat. Hal itu diwujudkan melalui unit usaha Solusi Dokumen, Solusi Teknologi Informasi, dan Solusi Perkantoran yang dimiliki, Astragraphia selalu berusaha untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Lantaran Industri digital printing menjadi sektor penting dari industri percetakan yang bertumbuh, sehingga penetrasi pasar untuk seluruh portofolio produk dilakukan secara konsisten guna mempertahankan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar.

Baca juga: Vastland (VAST) Siap IPO, Siapa Pemiliknya?

Donny bercerita, sepanjang 2022, industri percetakan dengan segmen pasar skala produksi mengalami pertumbuhan positif dengan peningkatan tren pengembangan kustomisasi dan personalisasi pencetakan packaging UMKM. Tren ini menjadi peluang bagi Astragraphia untuk mendukung industri percetakan graphic art dan inovasi kemasan pada industri kreatif. “Selain itu, unit usaha solusi teknologi informasi berhasil melakukan penguatan penetrasi pasar dan menangkap peluang transformasi digital yang ada dengan cepat,” tuturnya.

Sementara itu, menilik laporan keuangan perseroan hingga September 2022, efisiensi yang sebelumnya dimaksud berhasil membawa Astragraphia kantongi untung sebesar Rp 64 miliar, atau meningkat 74% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan laba bersih perusahaan berasal dari meningkatnya pendapatan pada unit usaha Solusi Dokumen sebesar 10% sebagai hasil dari bertumbuhnya permintaan akan layanan penyewaan serta pembelian mesin.

Pendapatan pada unit usaha Solusi Teknologi Informasi juga naik sebesar 19% akibat meningkatnya kebutuhan pasar dalam penyediaan IT services, software, dan hardware. Kemampuan perusahaan dalam mengelola arus kas serta siklus operasional yang lebih baik turut berkontribusi terhadap peningkatan laba bersih Astragraphia di Kuartal III-2022. Dengan demikian, ASGR membukukan pendapatan sebesar Rp 2,04 triliun atau naik 2,32% dari Rp 1,99 triliun pada periode yang sama tahun 2021. 

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com