Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gambaran keindahan Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara.  (Foto: ANTARA/Dok. Kabupaten Halmahera Selatan)

Gambaran keindahan Kepulauan Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. (Foto: ANTARA/Dok. Kabupaten Halmahera Selatan)

Not for Sale! Lelang Pulau Widi Dibatalkan

Selasa, 6 Des 2022 | 19:57 WIB
Mohamad Said (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong mengatakan rencana pelelangan Pulau Widi di Provinsi Maluku Utara telah dibatalkan oleh pemerintah. Rencana pelelangan itu diduga dilakukan oleh PT Leadership Islands Indonesia (LII) sebagai pemegang izin pengelolaan Kepulauan Widi.

Alue mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai kementerian terkait telah meminta PT LII untuk membatalkan rencana tersebut.

Baca juga: Tekan Emisi Karbon, SKK Migas-KKKS dan Kementerian KLHK Tanam Puluhan Ribu Mangrove

“Kemarin sudah dijawab oleh Menteri KKP, itu sudah dibatalkan. Jadi sudah dibatalkan,” tegas Alue menjawab pertanyaan jurnalis BTV mengenai kekhawatiran aktivis lingkungan hidup atas rencana tersebut, di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Advertisement

Sebelumnya, KKP menegaskan hingga saat ini PT LII juga belum melengkapi dokumen izin Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) yang menjadi kewajiban setiap pelaku usaha yang melakukan pemanfaatan pulau-pulau kecil di luar kawasan hutan atau areal lainnya dan pemanfaatan perairan sekitarnya dalam rangka penanaman modal asing (PMA).

"Berdasarkan data kami, sebagaimana dikemukakan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo, pemanfaatan perairan Kepulauan Widi belum dilengkapi dengan izin PKKPRL," kata Wahyu Muryadi, Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik KKP dalam pernyataan tertulis, Senin (5/12/2022).

Baca juga: KLHK Raih Peringkat Pertama SDGs Action Awards 2022

Sebelumnya, beredar kabar mengenai pelelangan Kepulauan Widi pada situs lelang asing Sotheby’s Concierge Auctions yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Lelang ini digagas Widi Reserve, lembaga perlindungan cagar alam yang berbasis pada zona perlindungan laut di kawasan "Segitiga Karang" di Indonesia Timur.

Dalam situs casothebys.com lembaga ini menyebutkan lelang lebih dari 100 pulau di Indonesia itu akan berlangsung di Sotheby’s Concierge Auctions yang berlangsung di New York pada 8-14 Desember.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com