Menu
Sign in
@ Contact
Search
Truk kendaraan otonom (AV) diparkir di fasilitas kecerdasan buatan (AI) Gatik di AllianceTexas, kompleks bisnis seluas 27.000 acre yang memiliki beberapa operasi pengangkutan terbesar di Amerika Serikat 9AS) di Fort Worth, Texas, AS pada 18 Mei 2022. (Foto: REUTERS/ Cooper Neill)

Truk kendaraan otonom (AV) diparkir di fasilitas kecerdasan buatan (AI) Gatik di AllianceTexas, kompleks bisnis seluas 27.000 acre yang memiliki beberapa operasi pengangkutan terbesar di Amerika Serikat 9AS) di Fort Worth, Texas, AS pada 18 Mei 2022. (Foto: REUTERS/ Cooper Neill)

Microsoft Investasi di Startup Truk Otonom Gatik

Rabu, 4 Jan 2023 | 20:20 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

TEXAS, investor.id – Microsoft Corp. sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk berinvestasi di Gatik, perusahaan rintisan atau startup swakemudi (autonomous) yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS). Ini menjadi bagian dari kemitraan komputasi awan (cloud) dengan perusahaan tersebut, kata dua orang yang akrab dengan diskusi tersebut, dilansir dari Reuters.

Microsoft berencana untuk menginvestasikan lebih dari US$ 10 juta dalam putaran pembiayaan yang menghargai Gatik lebih dari US$ 700 juta, tambah sumber tersebut.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Gatik akan menggunakan platform cloud dan edge computing Microsoft Azure dalam mengembangkan teknologi pengiriman otonom untuk truk.

Baca juga: Prancis Denda Microsoft 60 Juta Euro Atas Iklan

Advertisement

Ketentuan kesepakatan masih bisa berubah, tambah sumber tersebut, yang meminta anonimitas untuk membahas masalah pribadi.

Microsoft dan Gatik menolak berkomentar.

Seperti perusahaan teknologi besar lainnya, Microsoft baru-baru ini memasukkan dana ke dalam teknologi self driving. Pada Januari 2021, Microsoft berinvestasi di Cruise milik General Motors (GM). Cruise berfokus pada robotaxis, dalam kesepakatan yang menghargai perusahaan tersebut sebesar US$ 30 miliar.

Perusahaan itu berencana menggunakan Azure agar meningkatkan solusi kendaraan otonomnya untuk penggunaan komersial dan bersaing dengan Waymo dari Alphabet dan Zoox dari Amazon.

Teknologi penggerak otonom dipandang sebagai revolusioner bagi industri transportasi dan logistik. Namun, teknologi ini menghadapi kemunduran karena masalah peraturan tentang keselamatan dan pendanaan yang kurang dapat diakses di pasar yang kini melambat.

Pada November 2022, Ford dan Volkswagen menutup unit teknologi self driving mereka yakni Argo AI. Pihaknya mengatakan bahwa menciptakan “robotaxi” self driving akan lebih sulit daripada menempatkan manusia di bulan.

Baca juga: Google, Oracle, Amazon, dan Microsoft Dapat US$ 9 Miliar Kesepakatan Cloud dari Pentagon

Gatik, didirikan pada 2017 oleh veteran industri Gautam Narang dan Arjun Narang, berfokus pada logistik bisnis ke bisnis (B2B) jarak menengah untuk industri ritel.

Sejak 2021, Gatik telah meluncurkan layanan pengiriman komersial tanpa pengemudi dengan Walmart Inc. dan Loblaw Companies Ltd. Gatik menawarkan pengiriman jarak pendek dengan truk boks di Arkansas dan di Ontario, Kanada.

Ini telah mengumpulkan lebih dari US$ 120 juta dari investor termasuk Koch Disruptive Technologies, Innovation Endeavours, Goodyear Ventures, dan RyderVentures.

Pada kuartal pertama tahun ini, Gatik berencana untuk mengintegrasikan truk boks otonom kelas 6 ke dalam jaringan logistik e-commerce Pitney Bowes di Dallas, Texas. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan pengiriman dan mengurangi biaya logistik.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com