Menu
Sign in
@ Contact
Search
Wuling Air EV. (ist)

Wuling Air EV. (ist)

Biaya Perawatan Mobil Listrik Wuling Murah Banget

Minggu, 22 Jan 2023 | 13:09 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Wuling Air EV menjadi salah satu primadona di pasar mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) nasional. Memasuki 2023, Wuling memberikan gambaran cicilan dan biaya perawatan mobil listrik Air EV yang bisa dibilang murah banget.

Mobil ini dengan mudah dimiliki dengan uang muka ringan, mulai dari Rp 36 juta  (OTR Jakarta) dan cicilan mulai dari Rp 5 juta per bulan. Sementara itu, biaya perawatan Air EV sampai lima tahun murah, hanya Rp 3,9 juta.  

Di luar itu, mobil listrik Wuling Air EV memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah fitur Wuling Indonesian Command (Wind) yang juga tersedia pada seri Almaz dan New Cortez. Fitur ini merupakan teknologi perintah suara canggih dalam bahasa Indonesia yang akan memudahkan penggunanya memerintahkan kendaraan untuk mengoperasikan berbagai fitur.

Sebut saja membuka jendela, menghidupkan AC, menghubungkan telpon, dan beragam perintah lainnya dapat diakses dengan ucapan saja. Fitur tersebut, sangat cocok untuk masyarakat yang membutuhkan kendaraan praktis, melintasi jalanm perkotaan yang padat.  

Advertisement

Mobil listrik ini ditawarkan dalam dua varian, yakni Standard Range dengan jarak tempuh 200 km, mengandalkan lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh dan Long Range yang mengusung kapasitas baterai 26,7 kWh memiliki jangkauan hingga 300 km saat terisi penuh.

Pengisian daya baterai Air EV sangat mudah dilakukan di mana saja, bahkan di rumah sekali pun. Tidak hanya itu, keamanan baterai mobil mungil ini dijamin dan telah melalui belasan tes ketat. Rangka yang kokoh dan sistem airbag turut membuat konsumen merasa aman dan nyaman selama menggunakan mobil listrik ini.

Wuling Motors memberikan garansi umum kendaraan sampai tiga tahun atau 100 ribu km untuk Air EV.  "Tersedia juga garansi untuk komponen inti, seperti power battery system assembly, drive motor, dan motor controller sampai dengan delapan tahun atau 120 ribu km," ungkap Aftersales Director Wuling Motors Maulana Hakim, Minggu (22/1/2023).

Kemudian, dia melanjutkan, terdapat garansi reducer, power distribution unit, dan user connection unit, hingga lima tahun atau 100 ribu km. Lalu, gratis biaya jasa perawatan berkala untuk konsumen pengguna Air EV sampai dua tahun atau 100 ribu km. Seluruh garansi yang diberikan berdasarkan mana indikator yang tercapai terlebih dahulu dan mengacu pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dia menambahkan, biaya perawatan mobil listrik ini tentu lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mesin konvensional. Biaya servis berkala hanya memerlukan Rp 3,9 juta sampai 100.000 kilometer atau 5 tahun, mana yang tercapai terlebih dahulu.

Dalam informasi yang diberikan Wuling, perawatan Air EV dari 5.000 sampai 100.000 km, komponen yang diperhitungkan cuma biaya jasa, oli gardan, filter AC, dan minyak rem. Biaya yang dikeluarkan terdiri atas jasa sebesar Rp 180 ribu serta oli gardan Rp 165 ribu dengan total hanya Rp 345 ribu.

Kemudian, servis 10 ribu km memakan biaya jasa perbaikan Rp 160 ribu dan filter AC Rp 80 ribu dengan total keseluruhan Rp 240 ribu. Selanjutnya, pada perawatan 20 ribu kilometer, biaya yang dibutuhkan terdiri atas jasa perbaikan sebesar Rp 160 ribu, oli gardan Rp 165 ribu, dan minyak rem seharga Rp 134 ribu, sehingga biaya keseluruhan yang dibutuhkan adalah Rp 559 ribu. Setelah masuk 30 ribu km, konsumen mengeluarkan biaya jasa servis sebesar Rp 160 ribu, filter AC Rp 80 ribu dengan total biaya Rp 240 ribu.

Setelah jarak tempuh 40.000 km, konsumen melakukan servis dengan biaya jasa Rp 180 ribu, pembelian oli gardan Rp 165 ribu. Pada titik ini, total biaya yang dikeluarkan adalah Rp 345 ribu.

Pada saat Air EV mencapai 50 ribu km, kebutuhan jasa servis memakan biaya Rp 240 ribu, dengan kebutuhan filter AC seharga Rp 80 ribu, dan minyak rem Rp 134 ribu, sehingga total untuk servis ini Rp 454 ribu.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com