Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto: Dok. Kemenkop dan UKM)

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto: Dok. Kemenkop dan UKM)

Teten: Perempuan, Anak Muda, dan Ekonomi Hijau akan Jadi Penggerak Ekonomi Dunia

Rabu, 2 Februari 2022 | 21:11 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan penggerak ekonomi dunia dan Indonesia ke depan, terletak pada perempuan, anak muda, dan ekonomi hijau. Hal ini pula yang menjadi prioritas Kementerian Koperasi dan UKM (UKM) dalam mendukung mendukung pemulihan transformatif tahun 2022 ini.

Di mana sekitar 70% program Kementerian Koperasi dan UKM akan menyasar langsung kepada pelaku UMKM, koperasi, perempuan, anak muda, dan fokus untuk mendukung pengembangan usaha ramah lingkungan. Termasuk mendorong pembiayaan UMKM dan koperasi bergeser dari sektor perdagangan ke sektor riil.

Advertisement

"Kami juga akan meningkatkan jumlah UMKM masuk ke ekosistem digital sebesar 20 juta UMKM ditargetkan go digital," ucap Teten dalam siaran pers yang diterima pada Rabu (2/2).

Baca juga:  Teten: Fondasi Kuat, 2022 Masuk Fase Pemulihan Transformatif

Bisnis e-commerce akan terus berkembang, pekerjaan jarak jauh menjadi populer, pembayaran tanpa uang tunai akan menjadi standar untuk bisnis, pemasaran lewat sosial media dan video akan terus tumbuh dan menjadi kunci. Komitmen tinggi pemerintah untuk meningkatkan kewirausahaan nasional telah dituangkan ke dalam Peraturan Presiden No. 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional 2021-2024.

"Perpres ini memiliki semangat untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan, pedoman tunggal, dan penguatan sinergi antar K/L, Pemda, dan pemangku kepentingan lainnya," kata Teten.

Baca juga:  Catat! Ini Dia Tiga Aspek Permasalahan Asuransi

Kementerian Koperasi dan UKM terus mendukung penciptaan iklim kewirausahaan yang sehat. Misalnya, di Bandung, ada Grammars, ada The Hallway, dan Hear Me (juara pertama dan SDG’s category). Di Jakarta, ada M Bloc Space.

"Sekarang banyak anak muda berlomba-lomba membangun sentra UMKM keren, berbasis keunggulan lokal di kabupaten dan kotanya masing-masing," tandas Teten.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN