Menu
Sign in
@ Contact
Search
Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema Menjadi Kreator Digital Kreatif Menggunakan Smartphone

Webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema Menjadi Kreator Digital Kreatif Menggunakan Smartphone

Manfaatkan Smartphone untuk Jadi Kreator Digital

Minggu, 31 Juli 2022 | 02:51 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

SOLO, investor.id – Seiring makin luasnya akses internet di Indonesia membuka banyak peluang seseorang untuk menjadi seorang kreator digital, bahkan hanya dengan memanfaatkan smartphone.

Hal ini terungkap dalam webinar Makin Cakap Digital 2022 dengan tema Menjadi Kreator Digital Kreatif Menggunakan Smartphone’ di Solo, Jawa Tengah, yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Webinar yang berlangsung pada Rabu (27/7) lalu ini melibatkan para guru di kota Solo melalui Zoom. Webinar ini bertujuan untuk memberikan informasi cara yang baik dan benar dalam mengembangkan kemampuan digital kreatif menggunakan smartphone.

Menurut Desty Dwiyanasari , Founder Duaide.com, tingkat kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Sebagai kemampuan untuk memberi gagasan baru yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah, atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan baru antara unsur yang sudah ada sebelumnya.

Dalam paparannya, Desty menyinggung mengenai indikator kreator berkualitas. Wajib memahami serta menerapkan beberapa hal meliputi potensi diri, riset, penjadwalan, design dan konsistensi. Serta diperlukan pemahaman mengenai beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk membuat konten yang berkualitas, hingga mendapatkan respon yang positif.

Kemudian, sesi selanjutnya, narasumber kedua oleh Al Akbar Rahmadillah (Founder Sobat Cyber Indonesia Pengamat Teknologi dan Informasi). Al membawakan materi mengenai prospek dan keunggulan menjadi seorang digital kreatif.

“Kedudukan konten sebagai raja untuk penyebaran informasi. Hal ini jadi dampak positif dalam perkembangan informasi. Di mana, potensi konten kreator di Indonesia ditaksir mencapai Rp7 triliun,” ujar Al Akbar Rahmadillah.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam membuat konten sekarang, lebih dipermudah dengan menggunakan beberapa aplikasi yang bisa dipakai hanya dengan menggunakan smartphone. Senada dengan pembahasan sebelumnya, narasumber berikut, Nia Nurdiansyah (fasilitator Womenwill/Gapura Digital Indonesia) juga menjelaskan cara mengoptimalkan smartphone untuk kegunaan digital kreatif.

“Hanya dengan menggunakan media smartphone, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadi pengkarya digital kreatif. Begitu banyak kategori konten yang dapat diangkat dan dipublikasikan melalui berbagai platform media sosial dengan masing-masing segmentasi target penggunanya,” kata Nia Nurdiansyah.

Dalam era digital ini, kreativitas merupakan hal yang tak terbatas. Pentingnya pemahaman potensi-potensi di dunia digital, salah satunya mengenai cara yang tepat dalam mengembangkan kemampuan digital kreatif menggunakan smartphone. Tentu dengan memanfaatkan beberapa aplikasi platform sebagai pendukungnya.

 Ketertarikan serta minat masyarakat yang tinggi mengenai kegiatan ini menjadikan Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi terus berupaya memberikan edukasi Melalui program Indonesia Makin Cakap Digital.
Menurut data survei oleh We are Social Hootsuite per Februari 2022, di Indonesia terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7% dari populasi penduduk Indonesia. Angka tersebut terlihat meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya yang berada dalam kisaran 2,1 juta dengan tingkatan 1%.

Diketahui bahwa masih ada potensi yang masih cukup besar agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menggunakan internet sepenuhnya.

Berdasarkan data dari Indeks Literasi Digital Indonesia tahun 2021, tercatat bahwa Indonesia masih berada dalam kategori ‘sedang’ dalam dengan angka 3,49 (dari skala 1-5). Berdasarkan hasil perolehan dari data itu, perilaku mayarakat Indonesia dalam menggunakan internet untuk media berkomunikasi melalui pesan singkat, menggunakan media sosial, dan mencari informasi.

 

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com