Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melakukan pertemuan bilateral dengan State Secretary of Public Innovation of the Chief of Cabinet of Ministers Argentina Micaela S

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melakukan pertemuan bilateral dengan State Secretary of Public Innovation of the Chief of Cabinet of Ministers Argentina Micaela S

Bahas Potensi Kerja sama Digital

Menkominfo Gelar Bilateral Meeting dengan 12 Delegasi Negara Anggota G20

Rabu, 31 Agustus 2022 | 17:55 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

NUSA DUA, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menggelar pertemuan bilateral (bilateral meeting) dengan 12 delegasi negara anggota G20 di The Mulia, Nusa Dua, Bali pada Rabu (31/8/2022) untuk membahas potensi kerja sama bilateral di bidang digital ekonomi. Ke 12 negara tersebut adalah Argentina, Afrika Selatan, Jerman, Kanada, Singapura, Kamboja, India, Jepang, Inggris, Belanda, Spanyol, dan Australia.

Pada kesempatan yang sama, Menkominfo juga melakukan bilateral meeting dengan dua lembaga internasional, yaitu United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) dan International Telecommunication Union (ITU). Pertemuan ini dalam rangka Digital Economy Working Group (DEWG) 2022 putaran keempat dan Pertemuan Menteri Ekonomi Digital (Ditgital Economy Mininster Meeting/DEMM) 2022.

Pertemuan Keempat DEWG G20 Rumuskan Bali Package

Johnny mengatakan, pertemuan bilateral dengan delegasi negara anggota G20 dan lembaga internasional tersebut untuk membahas persiapan penyelenggaraan Pertemuan Menteri Ekonomi Digital (Digital Economy Ministers' Meeting/DEMM) yang akan digelar pada 1-2 September 2022.

"Kami berharap besok rapat bisa berjalan lancar, sehingga menyelesaikan DEMM dan bahan-bahannya menjadi acuan bagi KTT (Konferensi Tingkat Tinggi ke-17 G20) pertengahan November nanti," ujar Johnny di Hotel Mulia Nusa Dua, Bali, Rabu (31/8/2022).

Dia menambahkan, pertemuan tersebut juga membahas potensi kerja sama antara Indonesia dengan ke-12 negara dan lembaga dalam hal infrastruktur informasi, komunikasi, dan teknologi digital, mulai dari sisi hulu hingga hilir.

Isu lain yang dibahas dalam pertemuan bilateral tersebut, di antaranya terkait tenaga kerja di sektor digital, startup, literasi digital, aliran data lintas batas, UMKM, data pribadi, dan talenta digital.

"Kami juga mendiskusikan kerja sama di bidang ICT dan digital," kata Johnny.

Menkominfo Johnny G Plate Membuka Pertemuan Keempat DEWG G20 di Bali

State Secretary of Public Innovation of the Chief of Cabinet of Ministers Argentina Micaela Sánchez Malcolm mengatakan, pihaknya menjajaki peluang kerja sama dengan Indonesia di bidang digital skill, kolaborasi digital, dan pelatihan. Hal itu diperlukan untuk menyediakan konektivitas bagi semua orang, terutama masyarakat di daerah terpencil. “Bagi Pemerintah Argentina, saya pikir ini adalah pertemuan yang luar biasa. Dan kami berharap kita dapat mulai bersama untuk menghubungkan semua orang,” ujar dia.

Sekretaris Menteri Digital dan Transportasi Jerman Stefan Schnorr mengatakan, pertemuan DEWG G20 ini memberikan solusi kepada setiap negara dalam membangun kerja sama digital untuk masa depan.

"Dan ini sangat penting untuk semua negara bahwa kita menggunakan digitalisasi untuk ekonomi kita, untuk ekonomi yang lebih baik dan untuk menggunakan manfaat digitalisasi untuk semua orang di seluruh dunia," kata Schnorr.

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com