Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS). Foto: Perseroan.

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS). Foto: Perseroan.

Lewat Agus Projosasmito, Salim Poles Saham Bumi Minerals (BRMS)?

Rabu, 19 Januari 2022 | 21:07 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Kepemilikan Grup Salim di saham PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) dinilai bukan hanya isapan jempol semata. Melalui Emirates Tarian Global Ventures per tanggal 18 Januari 2022 Salim menggenggam 24,55% saham BRMS.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Emirates Tarian aktif membeli saham BRMS sejak Desember 2021, yakni sebanyak 4,78 miliar sehingga total kepemilikannya menjadi 23,04%. Kemudian, secara perlahan Emirates Tarian menambah kepemilikannya di BRMS hingga menjadi 34,8 miliar saham atau 24,55% dari total saham BRMS. Dengan demikian, Grup Salim menjadi pemegang saham mayoritas emiten di bidang eksplorasi dan pengembangan pertambangan sumber daya mineral tersebut.

Baca juga: Getol Beli Saham Bumi Minerals (BRMS), Siapa di Balik Emirates Tarian Global?

Menurut sumber internal yang mengetahui transaksi ini mengatakan bahwa tak lama lagi BRMS akan mengadakan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk mengganti beberapa susunan direksi dan komisaris. Kabar yang beredar, Grup Salim akan menempatkan perwakilannya, yaitu Agus Projosasmito yang saat ini menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang dahulu bernama PT Newmont Nusa Tenggara (NNT).

Kerjasama antara Salim dan Bakrie berawal dari proses dijualnya kawasan eks tambang emas PT Newmont Minahasa Raya (NMR) di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara ke AMNT yang didukung oleh PT Harum Energy Tbk (HRUM) dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Baca juga: Rights Issue Rampung, Bumi Minerals (BRMS) Siap Bangun Pabrik di Gorontalo

Untuk diketahui, Agus Projosasmito adalah pendiri dan CEO tambang batu bara PT Ithaca Resources dan Presiden Komisaris NC Securities. Agus Projosasmito juga pemimpin  konsorsium yang mencari pendanaan untuk akuisisi saham Newmont Mining Corp di NNT.

Sebelumnya nama Grup Salim dinilai bisa membawa hoki dan dirasakan betul oleh BRMS. Kehadiran Grup Salim menjadi investor BRMS lewat Emirates, melambungkan harga saham emiten ini pasca aksi penawaran umum terbatas I (PUT) dengan hak memesan efek terlebih dahulu atawa rights issue pada April 2021 kemarin. Kala itu harga saham BRMS melesat 68,06% dari level Rp 72 per 5 April, ke posisi Rp 121 pada penutupan perdagangan 29 Juni. 

 

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN