Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ajib Hamdani. Foto: IST

Ajib Hamdani. Foto: IST

Apindo Ingatkan Tiga Efek Kenaikan Suku Bunga ke Ekonomi

Jumat, 23 September 2022 | 18:49 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - Ketua Komite Analis Kebijakan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Ajib Hamdani menilai, kebijakan Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan hingga 50 basis poin (bps) menjadi 4,25% dari 3,75% akan memberikan konsekuensi ekonomi, yakni berkurangnya likuiditas, inflasi naik, dan pertumbuhan ekonomi tergerus. 

"Kenaikan ini juga akan menurunkan kemampuan daya beli serta konsumsi masyarakat. Padahal, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara signifikan ditopang oleh konsumsi masyarakat, " kata dia, Jumat (23/9/2022).

Dalam jangka pendek, dia menyatakan, pemerintah sudah cukup tepat mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang diambil dari alokasi dana pemulihan ekonomi nasional (PEN). Meski demikian, yang perlu dikritisi dari kebijakan moneter ini adalah efek disinsentif ke pengusaha. 

Sebab, dia menyatakan, kebijakan ini membuat dunia usaha kembali tertekanan, karena konsumsi masyarakat melemah. "Seharusnya, pemerintah lebih fokus dengan pemberian insentif agar terjadi pengurangan biaya-biaya dan kemudahan produksi, sehingga efek inflasi tetap bisa terjaga," ucap dia.

Di sisi lain, Ajib menjelaskan, terdapat dua hal yang perlu dimitigasi dengan baik. Pertama pertumbuhan ekonomi yang akan terkoreksi dan inflasi yang merangkak naik.

"Sampai akhir tahun, pertumbuhan ekonomi cenderung bergerak di angka 5%. Tetapi, yang bahaya adalah ketika laju inflasi di atas pertumbuhan ekonomi," ucap dia.

Dia menjelaskan, saat inflasi di atas pertumbuhan ekonomi, secara substantif, kesejahteraan masyarakat akan turun dan menjadi korban.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com