Menu
Sign in
@ Contact
Search
Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2022-2027. (Foto: Primus Dorimulu)

Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2022-2027. (Foto: Primus Dorimulu)

OJK Perkuat Sinergi dan Komunikasi

Senin, 15 Agustus 2022 | 20:03 WIB
Primus Dorimulu (primus@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menegaskan peran OJK sebagai regulator dan pengawas industri jasa keuangan. Namun demikian, OJK tetap harus bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk dalam hal komunikasi untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait produk jasa keuangan.

Mahendra menjelaskan, perekonomian tengah menghadapi banyak tantangan, di antaranya kemungkinan terjadi stagflasi yang lebih besar, masalah global supply chain, juga termasuk persoalan pengaturan untuk produk dan jenis investasi. Namun, di balik itu bukan hanya tantangan, tapi juga ada peluang.

Baca juga: BPS: Waspadai Berakhirnya Windfall Komoditas

“Kami akan memainkan peran sebagai regulator sebagai pengawas, pengatur, sebagai pelayan dari keseluruhan jasa keuangan. Tapi di lain pihak kami tentu tahu persis dan paham bahwa media memerankan posisi yang sangat penting dalam hal itu. Apalagi berkaitan dengan aspek berkaitan dengan edukasi dan literasi dan sosialisasi dari berbagai hal yang seringkali isu utamanya juga adalah komunikasi yang harus diperbaiki,” ungkap Mahendra saat pertemuan Anggota Dewan Komisioner OJK dengan Pemimpin Redaksi Media Massa di Jakarta, Senin (15/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Mahendra menekankan, bahwa Anggota Dewan Komisioner OJK hadir lengkap. Hal ini menunjukkan prioritas dan juga pentingnya OJK dalam membangun komunikasi.

Dia mengungkapkan, OJK akan melakukan berbagai hal yang memang terkait dengan kebutuhan untuk perbaikan dan reformasi sekaligus penyempurnaan internal organisasi. Tapi juga tentu lebih penting lagi bagaimana ke depannya di tengah kondisi geopolitik yang makin tidak mudah dan penuh tantangan, national interest Indonesia tetap bisa terus terjaga.

“Jadi ini kepentingan yang jauh lebih besar lagi yang perlu kita lihat sebagai perekat dari komunikasi sinergi kerja sama dan juga network antara kita. Ini kalau boleh menjadi pesan utama kami dalam kita melihat ini. Bahwa tentu di dalam masing-masing tugas kita, kami di OJK dan Bapak Ibu di media harus memerankan peran sesuai dengan domainnya sesuai dengan profesi tuntutan pekerjaannya harus dijunjung tinggi, tapi di lain pihak komunikasi yang cair kedekatan dan sinergi pemahaman satu sama lain,” imbuh Mahendra Siregar.

Dengan sinergi, lanjut dia, diharapkan bisa mengedepankan kepentingan yang lebih besar, khususnya di sektor ekonomi dan stabilitas sosial politik Indonesia.

“Belum lagi dalam konteks kita sendiri akan masuk ke periode pemilihan umum sehingga aspek tadi semakin penting. Bahwa masing-masing menjalankan tugasnya saya rasa kita sudah terlalu senior untuk diingatkan, namun kita justru saling mengingatkan kepentingan nasional, kepentingan bersama,” papar Mahendra.

Baca juga: Swasembada, Kementan: Stok Beras Lebih dari 10 Juta Ton

Adapun Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027 hadir lengkap bersilaturahmi dengan para pemimpin redaksi nasional pada Senin, 15 Agustus 2022, yakni:

1. Mahendra Siregar sebagai Ketua merangkap anggota;

2. Mirza Adityaswara sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Komite Etik dan anggota;

3. Dian Ediana Rae sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota;

4. Inarno Djajadi sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota;

5. Ogi Prastomiyono sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota;

6. Sophia Isabella Wattimena sebagai Ketua Dewan Audit merangkap anggota (hadir secara daring);

7. Friderica Widyasari Dewi sebagai anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen;

8. Doni Primanto Joewono sebagai anggota Ex-Officio dari Bank Indonesia;

9. Suahasil Nazara sebagai anggota Ex-Officio dari Kementerian Keuangan.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com