Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sejumlah penumpang kereta api jarak jauh didalam kereta api yang akan diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (22/12/2021). Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Sejumlah penumpang kereta api jarak jauh didalam kereta api yang akan diberangkatkan dari stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (22/12/2021). Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Kereta Api Masih Jadi Pilihan Favorit Periode Libur Nataru 2023

Sabtu, 3 Des 2022 | 19:43 WIB
Anisa Fauziah (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) jasa layanan kereta api dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih jadi pilihan favorit calon penumpang. Para calon penumpang memilih menggunakan moda transportasi  kereta api untuk perjalanan antar kota karena tarif yang relatif lebih murah. 

Beberapa calon penumpang KAI yang ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat  belum  memesan  tiket perjalanan, namun mengaku  sudah memiliki rencana perjalanan untuk libur Nataru ke beberapa destinasi favorit.  Beberapa kota yang  sudah diantisipasi  PT KAI DAOP 1, seperti Yogyakarta, Solo, Surabaya, Purwokerto, Semarang, Kutoarjo, dan Cirebon.

Pemesanan Tiket Nataru Meningkat, Ini Persyaratan Pengunaan Layanan Kereta Api

Evi, salah satu calon penumpang kereta api  tujuan Yogyakarta menyampaikan,  ia memilih menggunakan  kereta api lantaran tarifnya yang hemat. “Saya dari Depok, rencana mau liburan ke Jogja, tapi untuk liburan Natal dan Tahun Baru sih pengen ke Surabaya. Selain harganya juga murah dan nyaman makanya belum sih karena baru planing” ujar Evi  yang dijumpai di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. 

Advertisement
Suasana sebuah peron di stasiun. Warga pengguna layanan kereta api tampak bergegas menyeberangi rel lintasan kereta.

Sejumlah calon penumpang lain mengungkap alasan senada memilih transportasi kereta api.   “Sekarang mau ke Garut lagi dari Jakarta ke Garut lagi nah kenapa saya sekarang menggunakan jasa kereta api karena pada saat kemarin saya menggunakan transportasi mini bus itu harga lumayan naik nah pada saat tadi saya menggunakan KAI akses melihat harga dari kereta itu sendiri lumayan harganya itu murah,” ujar calon Adi Firman penumpang kereta api lain kepada BTV. 

Bersejarah, Ini Jalur Kereta Api Pertama di Sulawesi

Meski libur Natau semakin dekat,  beberapa calon penumpang mengaku belum melakukan pemesanan tiket meskipun telah memiliki rencana perjalanan liburan. “As always, pake KAI dong, soalnya kan menghemat waktu sama ekonomis juga yang tadi jadi selalu pake KAI, Jakarta Bandung dekat juga soalnya. So far belum pesan cuma liat liat masih atur atur jadwal dulu enaknya kapan,” ujar Samsul kepada BTV. 

Mengantisipasi lonjakan penumpang libur Nataru 2023,  PT KAI DAOP I Jakarta telah menambah armada Kereta Api (KA) sebanyak 20 unit.  Penambahan kereta api keberangkatan terjadwal pada tanggal 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com