Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC). Foto: IST

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC). Foto: IST

Resmi Tercatat di BEI, Saham Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Langsung ARA

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:14 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, mulai dari lelang mobil dan motor, jual beli mobil online, dan penyedia data harga mobil dan motor, secara resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (25/1) dengan harga penawaran yaitu Rp 256. Saat perdagangan dibuka, saham ASLC langsung menyentuh auto reject atas (ARA) dengan naik 64 poin ke level 320.

Melalui pencatatan perdana saham tersebut, perseroan berharap dapat mengembangkan teknologi serta memperluas jaringan dan meningkatkan inventori kendaraan bekas yang sudah dimiliki saat ini. Selain itu, ASLC juga akan mengembangkan otomotive marketplace Caroline.id dengan memanfaatkan O2O (online-to-offline) bisnis model. Hal ini guna untuk memberikan pilihan yang semakin bervariatif dan lokasi yang lebih terjangkau serta kenyamanan bertransaksi bagi konsumen potensial.

Baca juga: 3 Emiten Baru akan Listing Sepekan ke Depan, Siapa Saja?

Presiden Direktur ASLC, Jany Candra mengungkapkan, momentum ini menjadi saat yang tepat bagi perseroan untuk mengembangkan model bisnis baru untuk menangkap peluang pasar yang lebih besar. Selain JBA, pihaknya juga mengembangkan bisnis start-up untuk kendaraan bekas yaitu Caroline dan Cartalog.

“Di mana Caroline akan berfokus pada O2O used car dealer, sedangkan Cartalog merupakan aplikasi untuk price engine dan listing jual beli kendaraan bermotor. Ke depannya, aplikasi tersebut juga akan kami kembangkan menjadi inspection service,” kata Jany Candra dalam pencatatan perdana saham ASLC secara daring, Selasa (25/1).

Sebagai penyedia solusi kebutuhan mobil bekas, Caroline.id hadir dalam dua jenis, yaitu Caroline Selection yang merupakan solusi bagi pelanggan yang ingin membeli mobil bekas, serta Caroline Purchase, yang merupakan solusi untuk pelanggan yang mau menjual mobil, di mana mayoritas atau sekitar 80% orang yang ingin membeli mobil baru harus menjual mobil mereka. Dengan didukung oleh sinergi dari semua lini bisnis dan anak usaha, perseroan optimis dapat melanjutkan pencapaian kinerja yang lebih baik di tahun-tahun berikutnya.

Baca juga: Tetapkan Harga Private Placement, Bank MNC Raup Dana Rp 324,9 Miliar

Sebelumnya, ASLC melakukan initial public offering/IPO dengan menawarkan sebanyak 20% dari modal yang ditempatkan dengan target perolehan dana segar senilai Rp 652,6 miliar. Di mana, sebanyak 64,7% dari dana tersebut akan digunakan untuk modal kerja sehubungan dengan usaha baru perseroan di bidang jual beli kendaraan bekas. Sedangkan sisanya sebesar 35,3% akan digunakan untuk pelunasan seluruh pinjaman ke entitas induk yaitu sebesar Rp 225 miliar.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN