Menu
Sign in
@ Contact
Search
Seorang pengunjung memperhatikan pergerakan indeks di BEI, Jakarta.  Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Seorang pengunjung memperhatikan pergerakan indeks di BEI, Jakarta. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pilarmas: IHSG Menguat, AXIO Hingga MSIN Bakal Panen Cuan Berlimpah

Kamis, 1 Des 2022 | 07:45 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan, berdasarkan analisa teknikal, IHSG berpotensi menguat pada perdagangan Kamis (1/12/2022). IHSG diperkirakan akan diperdagangkan pada rentang 7.035 – 7.100. AXIO hingga MSIN disebut bakal panen cuan berlimpah pada perdagangan hari ini.

Pada perdagangan Rabu (30/11/2022), IHSG ditutup menguat sebesar 69 poin (0,99%) ke level 7.081. Sektor keuangan, Kesehatan, konsumen primer, industri, konsumen non primer, properti & real estate, energi, bahan baku bergerak positif dan mendominasi kenaikan IHSG.

Baca juga: Fed: Aktivitas Ekonomi AS Melambat di Tengah Ketidakpastian, Pesimisme

Pilarmas Investindo Sekuritas memprediksi window dressing bakal terjadi pada tahun ini. Selama dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, tidak pernah IHSG mengalami penurunan pada bulan December. Kutukan bulan December tentu akan memberikan kekuatan dan harapan baru didukung oleh pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell yang memberikan penguatan akan sebuah harapan bahwa The Fed akan mulai melangkah mundur dari pengetatan yang aggressive pada bulan depan dan memberikan sebuah alasan baru untuk mencapai inflasi yang lebih rendah tanpa mendorong ekonomi masuk ke dalam jurang resesi yang dalam Powell

Advertisement

“Ditambah lagi, rata-rata kenaikkan IHSG pada bulan December selama 20 tahun terakhir adalah 4.36%, atau selama 10 tahun terakhir adalah 3.01%. Ciamik kan?,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Phintraco Sekuritas: IHSG Uji Resistance, Perhatikan Saham-saham Rebound Lanjutan

Pilarmas Investindo Sekuritas menmabahkan, di tengah dorongan pemerintah untuk menggencarkan penggunaan kendaraan listrik, stimulus kembali digunakan sebagai strategi untuk mencapai target. Dalam jangka pendek, setidaknya 1,2 juta motor listrik dan 35 ribu mobil listrik ditargetkan mengaspal pada 2024. Hal ini yang juga mendorong rencana adanya subsidi sebesar RP 6,5 juta untuk pembelian motor listrik tahun depan.

“Hanya saja, skema subsidi serupa untuk mobil listrik masih dipertimbangkan,” tambah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas melihat bahwa target 2 juta kendaraan listrik yang melantai pada 2025 berpeluang tercapai dengan stimulus yang diberikan. Tidak hanya itu, stimulus tersebut untuk memperkuat ekosistem baterai yang tengah dibangun di dalam negeri mengingat Indonesia menyimpan 30% cadangan dunia dan merupakan produsen nikel terbesar global. Sehingga, dalam mata rantai ekosistem nikel dapat saling berjalan beriringan menimbang arah pengembangan bisnis yang saat ini mengarah pada pengembangan ekosistem dan hilirisasi pada bahan mentah.

Baca juga: Wall Street Melonjak Didorong Komentar Gubernur Fed

“Pemberian subsidi tersebut tentunya akan mempengaruhi ruang fiskal dalam negeri dan mendorong daya beli masyarakat atas kendaraan listrik,” jelas Pilarmas Investindo Sekuritas.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan saham-saham pilihan yang berpotensi bakal panen cuan berlimpah pada perdagangan hari ini. Saham-saham tersebut adalah AXIO, TLKM, MDKA, ANTM, MSIN.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com