Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Sekar Bumi. (ist)

Ilustrasi Sekar Bumi. (ist)

Jadi Pemasok Walmart Dkk, Penjualan Sekar Bumi (SKBM) Melambung 21%

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:06 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Di tengah kondisi pasar yang masih dibayangi pandemi Covid-19, PT Sekar Bumi Tbk (SKBM) masih dapat mencetak kenaikan penjualan 22% selama 2021 menjadi Rp 3,8 triliun. Hal ini didukung penjualan ekspor udang yang meningkat, ditambah kenaikan pasar domestik, seiring peluncuran #JagoanDumpling, salah satu produk makanan olahan dimsum yang menjadi andalan perusahaan.

Dalam laporan keuangan konsolidasi per 31 Desember 2021, perseroan mencatatkan kenaikan penjualan yang signifikan. Bahkan, jika dibandingkan dengan lima tahun terakhir, penjualan naik dua kali lipat lebih, yaitu pada 2017 Rp 1,8 triliun menjadi Rp 3,8 triliun tahun lalu. Makanan beku hasil laut nilai tambah (frozen value added seafood) menjadi kontributor terbesar dalam peningkatan tersebut.

“Kenaikan penjualan tersebut meningkatkan laba bersih dari Rp 5,4 miliar menjadi Rp 29,7 miliar,” ujar Presiden Direktur Sekar Bumi Harry Lukmito, Selasa (24/5/2022).

Dia mengatakan, kenaikan penjualan didukung oleh pabrik-pabrik pengolahan udang baik Tangerang dan Sidoarjo. Selain itu, perseroan menerima persetujuan sebagai approved-supplier supermarket retailer besar di Amerika Serikat, seperti Walmart, Costco, Kroger, Ahold, Publix, Aldi, Woolworths, dan sebagainya.

“Sekar Bumi juga mengantongi sertifikat internasional yang diakui seperti Best Aquaculture Practice 4-Star, yaitu integrasi dari benur udang, pakan udang, tambak udang, dan pabrik udang, ditambah dengan traceability system yang mampu menunjang keunggulan perusahaan,” kata Harry.

Kinerja positif 2021, kata dia, juga didorong oleh ragam kegiatan perusahaan. Salah satunya peluncuran produk makanan olahan terbaru, seperti produk #JagoanDumpling dengan varian isi keju, bolognese, rendang, kari dan ayam. Produk makanan olahan lainnya seperti bakso-baksoan, ebi furai, fish roll, dan lainnya dipasarkan di bawah merek Bumifood dan Mitraku.

Secara geografis, dia menegaskan, ekspor ke Amerika Serikat menjadi penunjang terkuat dalam peningkatan penjualan. Adapun di domestik, Pulau Jawa menjadi kontributor penjualan terbesar.

“Sekar Bumi optimistis dapat membukukan pendapatan positif kembali tahun ini melalui upaya menghadirkan inovasi produk perikanan dengan menggenjot pasar domestik dan mempertahankan kekuatan kami di pasar ekspor," tandas Harry.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN