Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Komunikasi adalah jenis proses sosial yang erat kaitannya dengan aktivitas manusia serta sarat akan pesan maupun perilaku.

Komunikasi adalah jenis proses sosial yang erat kaitannya dengan aktivitas manusia serta sarat akan pesan maupun perilaku.

Komunikasi, Proses Sosial yang Berkaitan Erat dengan Aktivitas Manusia

Kamis, 31 Maret 2022 | 20:01 WIB
F Rio Winto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Komunikasi adalah jenis proses sosial yang erat kaitannya dengan aktivitas manusia serta sarat akan pesan maupun perilaku.

“Komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain,” kata Rico L Simarmata, CEO SPE Solution dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Kamis 31 Maret 2022.

Advertisement

Komunikasi, kata Rico, dapat berbentuk verbal dan nonverbal. Verbal merupakan komunikasi yang dilakukan dengan bahasa lisan berupa kata-kata, sedangkan komunikasi nonverbal merupakan komunikasi menggunakan gerak-gerik tubuh atau menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, dan mengangkat bahu.

Komunikasi, menurut Rico, juga merupakan salah satu kunci keberhasilan berbisnis, baik bagi UMKM hingga perusahaan besar. Komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk menjaga relasi dengan pelanggan dan prospek, serta meningkatkan omset penjualan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Zendesk, 87% pelanggan merasa komunikasi yang baik dari bisnis memengaruhi keputusan mereka untuk membeli. Bahkan, menurut American Express, 17% pelanggan rela mengeluarkan biaya lebih apabila merasakan dampak positif komunikasi bisnis yang baik.

Namun, beberapa produsen tidak berkomunikasi dengan baik atau sistem komunikasi mereka tidak efektif. Misalnya seperti berkomunikasi secara tidak profesional, berbelit-belit dan, tidak tersedia di berbagai kanal komunikasi yang banyak digunakan pelanggan.

Akibatnya, pelanggan kesulitan untuk terhubung dengan pihak produsen. Mereka bisa berhenti membeli hingga berpindah ke kompetitor karena susah menjangkau pihak customer service atau produsen dan terkadang tidak tahu informasi terbaru lantaran minimnya komunikasi yang dijalin.

Untuk itu, produsen harus memaksimalkan timnya dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan menggunakan platform yang menunjang komunikasi bisnis yang lebih personal serta banyak digunakan pelanggan, seperti WhatsApp.

“WhatsApp kini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan komunikasi bisnis. Misalnya, seperti untuk mengirimkan OTP, promosi marketing, dan reminder serta billing, membuat FAQ dan pusat informasi dengan chatbot, melakukan transaksi komersial dengan akun yang terverifikasi (centang hijau), dan berbagai kebutuhan lainnya,” kata dia.

Namun, untuk menggunakan berbagai fitur tersebut, bisnis harus menggunakan solusi WhatsApp Business Platform. WhatsApp Business Platform melalui WhatsApp Business Solution Provider, perusahaan yang resmi dan secara langsung bekerja sama dengan WhatsApp. Salah satunya adalah Wappin, salah satu produk SPE Solution.

"Komunikasi bisnis antara pengusaha dan pelanggan menjadi semakin krusial, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Karena itu, Wappin menyediakan one-stop solution untuk membantu pebisnis menjaga komunikasi dengan pelanggannya, khususnya melalui WhatsApp, untuk kebutuhan marketing, sales, dan customer service. Tujuannya agar produsen dapat menaikkan omset penjualan dengan memastikan komunikasi kepada pelanggannya tetap baik," kata Rico.

"Wappin mempermudah dalam merespon chat yang masuk ke layanan pelanggan dengan cepat. Kami juga bisa melakukan broadcast yang lebih personal lewat WhatsApp dan tidak lagi repot mengelola terlalu banyak nomor untuk berkomunikasi dengan pelanggan," tambah Feby P, Customer Relationship Management Speedwork Autocare.

Editor : F Rio Winto (rio_winto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN